Sistematika Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertai Hasil Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif berisi ungkapan gejala secara menyeluruh dan sesuai dengan konteks (holistik-kontekstual) melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci. Penelitian semacam ini bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisi dengan pendekatan induktif. Ciri-ciri penelitian kualitatif tersebut mewarnai sifat dan bentuk laporannya. Laporan penelitianb kualitatif harus memiliki focus yang jelas, focus dapat berupa masalah, objek evaluasi atau pilihan kebijakan. Gaya penulisan kualitatif dapat bersifat formal, informal, atau gabungan keduannya.
Skripsi, tesis, dan disertasi hasil penelitian kualitatif umumnya dibagi menjadi tiga bagian uatam, yaitu bagian awal, bagaian inti, dan bagian akhir.
Tiap bagian-bagian dirinci antara lain :
1.    Isi bagian awal
Bagian ini terdiri atas:
Halaman Sampul
Halaman Judul
Lembar Persetujuan:
a.    Lembar persetujuan pembimbing
b.    Lembar persetujuan dan pengesahan kelulusan
Abstrak
Prakata
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar
Daftar Lampiran
2.    Isi bagian inti
Contoh alternatif format bagian inti:
BAB I    PENDAHULUAN
A.    Konteks Penelitian atau Latar Belakang Masalah
B.    Fokus Penelitian atau Rumusan Masalah
C.    Tujuan Penelitian
D.    Kerangka Teoretis
E.    Kegunaan Penelitian
BAB II    METODE PENELITIAN
A.    Pendekatan dan Jenis Penelitian
B.    Kehadiran Peneliti
C.    Lokasi Penelitian
D.    Sumber Data
E.    Prosedur Pengumpulan Data
F.    Teknik Analisa Data
G.    Pengecekan Keabsahan Data
H.    Tahap-Tahap Penelitian
BAB III    PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN
BAB IV    PEMBAHASAN
BAB V    PENUTUP
3.    Isi bagian akhir
Bagian ini terdiri atas:
Daftar Pustaka
Pernyataan Keaslian Tulisan
Lampiran
Riwayat Hidup
Paparan berikut adalah penjelasan secara ringkas isi tiap-tiap bagian tersebut.
Isi bagian awal
Unsur-unsur yang harus ada pada bagian ini sama dengan yang adapada bagian awal penelitian kuantitatif.  Susunan unsur-unsur dan isi uraiannya juga sama.
Isi bagian inti
•    Bab I Pendahuluan
Berisi wawasan umum tentang arah penelitian yang dilakukan, dengan ini pembaca dapat mengetahui konteks atau latar belakang penelitian, focus penelitian, tujuan penelitian, dan kegunaan penelitian.
•    Konteks penelitian (latar belakang)
Bagian ini memuat uraian mengenai latar belakang penelitian, yaitu untuk maksud apa penelitian ini dilakukan dan apa atau siapa yang mengarahkan penelitian.
•    Focus penelitian
Focus penelitian memuat rincian pernyataan mengenai cangkupan atau topik-topik pokok yang diungkapan atau digali dalam penelitian ini. Alasan ini harus dikemukakan secara jelas, sesuai demngan sifat penelitian kualitatif yang holistic, induktif, dan naturalistik, yang berarti dekat sekali dengan gejala yang diteliti.


•    Tujuan penelitian
Tujuan penelitian merupakan sasaran hasil yang hendak dicapai dalam penelitian ini, sesuai dengan focus yang telah dirumuskan.
•    Kerangka teoritis
Kerangka teoritis dimanfaatkan sebagai pemandu agar focus penelitian sesuai dengan kenyataan di lapangan. Kerangka ini juga bermanfaat untuk memberikan gambaran umum tentang latar belakang penelitian sebagai bahan pembahasan hasil penelitian.
•    Kegunaan penelitian
Pada bagian ini ditunjukan kegunaan atau pentingnya penelitian terutama bagi pengembangan ilmu pengetahuan atau pelaksanaan pembangunan dalam arti luas. Dalam kata lain uraian dalam sub bab ini berisi alasan kelayakan atas masalah yang diteliti. Kegunaan penelitian dibedakan menjadi 2 yaitu : 1). Kegunaan teroretis dan 2). Kegunaan praktis.
•    Bab II Metode penelitian
Pokok-pokok bahasan yang terdapat dalam bab ini adalah 1) pendekatan dan jenis penelitian, 2) kehadiran peneliti, 3) lokasi penelitian, 4) sumber data, 5) prosedur pengumpulan data, 6) teknik analisa data, 7) pengecekan keabsahan data, 8) tahap-tahap penelitian.
•    Pendekatan dan jenis penelitian
Menjelaskan bahwa pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan menyatakan alasan-alasan singkat mengapa pendekatan ini digunakan.  Juga dikemukakan orientasi teoretis adalah landasan berpikir untuk memahami makna suatu gejala, misal fenomenologis, interaksi simbolik, kebudayaan, etnometodologis atau kritik seni.
•    Kehadiran peneliti
Dalam bagian ini perlu disebutkan bahwa peneliti bertindak sebagai instrumen sekaligus pengumpul data. Kehadiran peneliti harus dilukiskan secara eksplisit dalam laporan penelitian. Perlu dijelaskan peran peneliti, apakah sebagai partisipan penuh, pengamat partisipan, atau pengamat penuh, termasuk apakah kehadiran peneliti diketahui statusnya sebagai peneliti oleh subjek atau informan.
•    Lokasi penelitian
Uraian lokasi penelitian diisi dengan indetifikasi karakteristik lokasi dan alasan pemilihan lokasi serta bagaimana peneliti memasuki lokasi tersebut. Lokasi hendaknya diuraikan secara jelas missal letak geografis, bangunan fisik, struktur organisasi, program, dan susunan sehari-hari.
•    Data dan sumber data
Istilah pengambilan sampel dalam penelitian kualitatif harus digunakan dengan penuh kehati-hatian. Dalam penelitian kualitatif, tujuan pengambilan data sampel adalah mendapatkan informasi sebanyak mungkin, bukan untuk melakukan rampatan ( generalisasi).
•    Posedur pengambilan data
Bagian ini berisi paparan tentang teknik pengumpulan data yang digunakan, misalnya observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi, terdapat dua dimensi rekaman data yaitu : fidelitas, dan alat ukur.  Selain itu, dikemukakan cara-cara untuk memastikan keabsahan data dengan triangulasi dan waktu yang diperlukan dalam pengumpulan data.
•    Teknik analisi data
Pada bagian ini diuraikan proses pelacakan dan pengaturan secara sistematis tentang transkripsi wawancara, cacatan lapangan, dan bahan-bahan lain agar peneliti dapat menyajikan temuannya. Dalam penelitian kualitatif analisi data dilakukan selam dan setelah pengumpulan data, dengan teknik-teknik.
•    Pengecekan keabsahan data
Bagian ini memuat uraian usaha peneliti untuk memperoleh keabsahan temuannya. Agar diperoleh temuan dan interpretasi yang abash, perlu diteliti kreibilitasnya dengan menggunakan teknik-teknik perpanjangan kehadiran peneliti di lapangan, observasi yang diperdalam, triangulasi pembahsan sejawat, analisis kasus negative, pelacakan, kesesuaian hasil, dan pengecekan anggota.
•    Tahap-Tahap penelitian
Berisi tentang proses pelaksanaan penelitian, mulai penelitian pendahuluan, pengembangan desain, penelitian sebenarnya, sampai dengan penulisan laporan.
•    Bab III Paparan Data Dan Temuan Penelitian
Bab III memuat uraian mengenai data dan temuan yang diperoleh dengan menggunakan dan prosedur dalam bab II. Paparan data tersebut diperoleh  dari pengamatan (apa yang terjadi) dan hasil wawancara (apa yang dikatakan) serta deskriptif informasi lain (misal dari dokumen, video, foto, rekaman , dll).
•    Bab IV Pembahasan
Bab ini memuat gagasan peneliti tentang keterkaitan antara pola0pola, kategori-kategori dan dimensi-dimensi, posisi temuan/teori terhadap teori dan temuan sebelumnya.Serta penafsiran dan penjelasan atas temuan teori yang diungkap di lapangan.
•    Bab V Penutup
Penutup memuat temuan pokok atau simpulan, implikasi, dan tindak lanjut penelitian, serta saran atau rekomendasi yang diajukan.Dalam penelitian kualitatif temuan pokok atau simpulan harus menunjukan “makna” temuan tersebut.

Isi bagian akhir
Hal-hal yang perlu dikemukakan dalam bagian ini adalah yang mendukung atau terikat erat dengan uraian yan g terdapat pada bagian inti, isi pada bagian ini adalah: a). daftar rujukan, b). pernyataan keaslian tulisan, c). lampiran, d). dan riwayat hidup.
•    Daftar rujukan
Bahan pustaka yang dimasukan ke dalam daftar rujukan (pustaka) harus sudah disebutkan dalam teks. Artinya, bahan pustaka yang hanya digunakan sebagian bahan bacaan tetapi tidak  dirujuk di dalam teks, tidak dimasukan kedalam daftar rujukan.
Istilah daftar pustka digunakan untuk menyebutkan daftar yang berisi bahan-bahan pustaka yang diguanakan oleh penulis, baik yang dirujuk ataupun yang tidak dirujuk dalam teks.
•    Pernyataan keaslian tulisan
Pernyatan keaslian tulisan berisi ungkapan penulis bahwa isi skripsi, tesis, atau disertasi yang tulisannya tidak merupakan hasil pengambilan tulisan atau pikiran orang lain yang diakui sebagai hasil tulisan atau pemikiran sendri.
•    Lampiran
Bagian ini berisi keterangan-keterangan yang dipandang penting untuk skripsi, tesis, dan disertasi, misalnya instrumen penelitian, data mentah hasil penelitian, rumus-rumus statistik, surat ijin tanda bukti telah melaksanakan pengumpulan data, dan lampiran lainnya yang dianggap perlu.
•    Riwayat hidup
Riwayat hidup disajikan secara naratif dan menggunakan sudut pandang orang ketiga ( bukan menggunakan kata saya atau kami ). Yang perlu dimuat dalam riwayat hidup adalah nama lengkap penulis, tempat tanggal lahir, riwayat pendidikan, pengalaman berorganisasi yang relevan, dan informasi tentang prewsentasi yang pernah diraih selama belajar di perguruan tinggi ataupun pada waktu di SD hingga SLTA.
0 Comments for "Sistematika Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertai Hasil Penelitian Kualitatif"

Back To Top