Sistematika Artikel Hasil Penelitian

Hasil-hasil penelitian yang ditulis dalam bentuk artikel untuk diterbitkan dalam majalah ilmiah atau jurnal memliki kelebihan-kelebihan dibandingkan dengan yang ditulis dalam bentuk laporan teknis resmi. Laporan teknis resmi memang dituntut un-tuk berisi hal-hal yang menyeluruh dan lengkap sehingga naskahnya cenderung tebal dan direproduksikan dalam jumlah yang sangat terbatas,dan akibatnya kalangan yang sangat terbatas saja yang membacanya. Sebaiknya, hasil penelitian yang ditulis dalam artekal biasanya dituntut untuk berisi hal-hal yang penting-penting saja.
1.    Ciri Pokok
    Laporan dalam bentuk artikel ilmiah dibedakan dengan peran teknis resmi dalam tiga segi,yaitu:
a)    Bahan, artikel hasil penelitian untuk jurnal hanya berisi hal-hal atau bahan-bahan yang penting saja.
b)    Sistematika penulisan, artikel hasil penelitian terdiri atas bagian dan sub bagian. Bagian dan sub bagian tersebut dapat diberi judul atau tanpa judul. Dalam bagian artikel hasil penelitian, kajian pustaka merupakan bagian awal artekal (tanpa judul sub bagian kajian pustaka) yang berfungsi sebagai bagian penting dari latar belakang penelitian. Kajian pustaka yang sekaligus berfungsi sebagai latar belakang penelitian ditutup dengan rumusan tujuan penelitian ( tanpa judul sub bagian tujuan penelitian).
c)    Prosedur penulisan, bila kita ambil contoh prosedur dari pedoman penulisan karya ilmiah universitas negeri malang (2003: 43) dapat dikemukakan bahwa ada 3 kemungkinan prosedur penulisan artikal hasil penelitian.
1)    Artikel hasil penelitian ditulis sebelum laporan penelitian teknis resmi secara lengkap dibuat.
2)    Artikel hasil penelitian untuk jurnal ditulis setelah laporan penelitian teknis resmi selesai disusun.
3)    Artekal hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal merupakan satu-satunya tulisan yang dibuat oleh peneliti.
2.    Isi dan Sistematika
Penulisan artikel menggunakan sistematika tanpa angka maupun abjad,berikut akan diuraikan tentang isi artikel hasil penelitian secara umum yang berlaku untuk hasil penelitian kuantitatif maupun kualitatif.

Judul
Judul hendaknya informatif, lengkap, tidak terlalu panjang ataupun terlalu pendek,yaitu 5-15 buah kata. Judul memuat variabel-variabel yang diteliti atau kata kunci yang menggambarkan masalah.

Nama (-Nama) Penulisan
Nama (-nama) penulis artikel ditulis tanpa disertai gelar akademik atau gelar lain apapun. Jika lebih dari dua penulis, hanya penulis utama saja yang dicantumkan di bawah judul.

Abstrak dan Kata Kunci
Abstrak berisi pernyataan ringkas dan padat tentang ide yang paling penting, abstrak memuat masalah dan tujuan penelitian, prosedur penelitian (untuk penelitian kualitatif termasuk deskripsi tentang subjek yang diteliti) dan ringkasan hasil penelitian (bila dianggap perlu, juga kesimpulan).  Abstrak diketik dengan spasi tunggal. Kata kunci adalah kata pokok yang menggambarkan daerah masalah yang diteliti atau istilah-istilah yang merupakan dasar pemikiran gagasan dalam karangan asli dan berupa kata tunggal atau gabungan kata. Kata kunci berguna untuk kepentingan komputerisasi sistem informasi ilmiah.

Pendahuluan
Pendahuluan ditulis langsung setelah abstrak dan kata kunci. Bagian ini berisi kajian pustaka yang mencakupi sedikitnya 3 gagasan yaitu;
    Latar belakng atau rasional penelitian
    Masalah dan wawasan rencana pemecahan masalah
    Rumusan tujuan penelitian (dan harapan tentang manfaat hasil penelitian).
Aspek yang dibahas dapat mencakup landasan teorinya, segi historisnya, landasan empiriknya, atau segi lainnya.

Metode
Pada prinsipnya, bagian ini berisi bagaimana penelitian itu dilakukan. Uraian disajikan dalam beberapa paragraph tanpa sub bagian atau dipilih-pilih menjadi beberapa sub bagian.
Materi pokok dalam bagian ini adalah bagaimana data dikumpulkan, siapa/apa sumber data, dan bagaimana data dianalisis. Apabila uraian ini disajikan dalam subbagian, maka berisi keterangan tentang populasi dan sampel (atau subjek), instrumen pengumpulan data, rancangan penelitian (terutama jika digunakan rancangan yang cukup kompleks seperti rancangan eksperimental), dan teknik analisis data.
Penelitian yang menggunakan alat dan bahan perlu ditulis spesifikasinya, karena menggambarkan kecanggihan alat yang dipakai. Sedang spesifikasi bahan diperlukan karena penelitian ulang dapat berbeda dari penelitian sebelumnya jika spesifikasi bahan yang diperlukan juga berbeda.
Untuk penelitian kualitatif perlu ditambahkan kehadiran peneliti, subjek penelitian dan informan beserta cara-cara penggali data penelitian, lokasi penelitian, dan lama penelitian. Perlu juga diberikan uraian mengenai pengecekan keabsahan hasil penelitian.

Hasil
Bagian ini merupakan bagian utama artikel ilmiah, dan sebab itu biasanya merupakan bagian terpanjang. Hal-hal yang disajikan adalah hasil analisis data dan hasil pengujian hipotesis (yang dilaporkan hasil bersih). Hasil analisis boleh disajikan dengan tebal atau grafik. Apabila hasil yang disajikan cukup panjang, penyajian bisa dipilih-pilih menjadi sub bagian- sub bagian sesuai dengan penjabaran masalah penelitian.

Pembahasan
Bagian ini merupakan bagian terpenting dari keseluruhan artikel ilmiah. Tujuan pembehasan adalah:
    untuk menjawab masalah penelitian atau menunjukkan bagaimana tujuan penelitian itu dicapai,
    menafsirkan temuan-temuan
    mengintegrasi temuan penelitian ke dalam kumpulan pengetahuan yang telah mapan,
    menyusun teori baru atau memodifikasikan teori yang ada.

Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan menyaikan ringkasan dari uraian yang disajikan pada bagian hasil dan pembahasan. Sedangkan saran disusun berdasarkan kesimpulan yang ditarik. Dan dapat mengacu kepada tindakan praktis, pengembangan teoritas, atau penelitian lanjutan.
Dalam prakteknya kesimpulan mengacu pada jawaban dari tujuan penelitian.  Saran mengacu kepada bagaimana manfaat dari penelitian guna mengambil tindakan praktis, pengembangan teoritas, atau penelitian lanjutan

Daftar Rujukan
Daftar rujukan harus lengkap dan sesuai dengan yang disajikan dalam batang tubuh artikel ilmiah. Daftar pustaka yang dimasukkan dalam daftar rujukan yang sudah disebutkan dalam batang tubuh artikel.
0 Comments for "Sistematika Artikel Hasil Penelitian"

Back To Top