Cara Penyajian Teknik Penulisan Karya Ilmiah

Terdiri dari:

1.    Penulisan Judul
Judul skripsi, tesis, atau disertasi dicantumkan sekitar empat cm dari tepi atas kertas. Judul diketik dengan huruf kapital seluruhnya tanpa diakhiri tanda baca apa pun. Jika judul tersebut memiliki subjudul dibubuhkan titik dua (:). Perhatikan contoh berikut!

Contoh judul skripsi tanpa subjudul:
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KARYAWAN HOTEL GRAND CANDI SEMARANG

    Contoh judul skripsi dengan subjudul:
PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN KALIMAT SKRIPSI PADA MAHASISWA YANG MENDAPAT DAN TIDAK MENDAPAT MATA KULIAH BAHASA INDONESIA: STUDI KASUS DI UNIVERSITAS STIKUBANK SEMARANG
Contoh judul tesis tanpa subjudul:
PENGARUH IRADIASI TERHADAP BEBERAPA SIFAT PROTEIN UDANG WINDU (Pananeus monodon)
Contoh judul tesis dengan subjudul:
PENGARUH FAKTOR KEAMANAN, POLITIK, DAN EKONOMI TERHADAP KUNJUNGAN WISATAWAN: STUDI KASUS DI HOTEL DIBYA PURI SEMARANG
Contoh judul disertasi tanpa subjudul:
PENGARUH TENTANG KENERJA, LINGKUNGAN KERJA, DAN DP3 TERHADAP KARIER DOSEN PNS DPK PADA KOPERTIS WILAYAH VI JAWA TENGAH
Contoh judul disertasi dengan subjudul:
PARTISIPASI DALAM PELESTARIAN ASET BUDAYA: KORELASI ANTARA PENGETAHUAN SEJARAH KEBUDAYAAN, SIKAP TERHADAP KEBUDAYAAN, DAN MINAT SISWA SMU NEGERI DI SEMARANG TERHADAP WISATA BUDAYA

2.    Maksud Penyusunan
Maksud penyusunan skripsi, tesis, atau disertasi dicantumkan di bawah judul, yang ditulis dengan menggunakan huruf kapital pada semua awal kata, kecuali kata tugas, seperti di, dalam, dan, bagi, untuk, sebagai, dan dari. Isi pernyataan ini pun tidak bertanda baca apa pun.

Contoh:
Skripsi ini Disusun guna Melengkapi Syarat Ujian Sarjana Ekonomi pada Fakultas Ekonomi, Universitas Stikubank Semarang
atau
Skripsi ini Disusun untuk Memperolah Gelar Sarjana Sastra pada Fakultas Bahasa dan Ilmu Budaya, Universitas Stikubank Semarang
atau
Skripsi ini Disusun untuk Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi pada Fakultas Ekonomi pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia Semarang
atau
Tesis ini Disusun sebagai Salah Satu Syarat untuk Memperoleh Gelar Magister Sains dalam Bidang Ilmu Pangan pada Program Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor
atau
Disertasi
Sebagai Salah Satu Syarat untuk Memperoleh Gelar Doktor dalam Bidang Ilmu Ekonomi Pertanian pada Program Pascasarjana, Institute Pertanian Bogor
Nama penyusun dan nomor induk mahasiswa (NIM) dicantumkan di bawah maksud penyusunan dengan didahului kata Oleh dengan huruf kapital. Selanjutnya, nama penyusun juga dituliskan dengan huruf kapital. NIM tidak diberi titik dan dicantumkan di bawah nama.
Contoh:
OLEH
PALUI RAKASIWI
NIM 15862012345

Nama program studi, fakultasd, universitas, atau perguruan tinggi tempat penyusunan, dicantumkan di bagian bawah identitas penyusun diikuti dengan nama kota dan tahun penyusunan.
Untuk skripsi:
PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS STIKUBANK
SEMARANG
2005
Untuk tesis atau disertasi:
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
2004
Contoh-contoh penulisan selengkapnya dapat dilihat lampiran.

3.    Lembar Persetujuan
    Ada dua macam lembar persetujuan. Lembar pertama persetujuan adalah lembar persetujuan yang memuat persetujuan dari (para) pembimbing. Hal-hal yang dicantumkan pada lembar pembimbing adalah (1) teks Skripsi oleh …… ini telah disetujui untuk diuji, atau Tesis ini telah disetujui untuk diuji, atau disertasi telah disetujui untuk diuji, dan (2) nama lengkap dan nomor induk pegawai (NIP) Pembimbing I dan II (untuk skripsi dan tesis), serta Pembimbing III (untuk disertasi). Contoh lembar persetujuan pembimbing dimaksud seperti pada lampiran.. 
    Lembar kedua persetujuan adalah lembar persetujuan adalah lembar persetujuan yang berisi pengesahan skripsi, tesis, atau disertasi oleh para penguji, ketua jurusan, dan dekan (ketua bagi sekolah tinggi). Pengesahan ini baru diberikan setelah di adakan penyepurnaan oleh mahasiswa yang bersangkutan sesuai dengan saran-saran yang diberikan oleh para penguji pada saat berlangsungnya ujian. Dalam bulan, dan tahun dilaksanakannya ujian, tanda tangan, nama lengkap, dan NIP dari tiap-tiap dosen penguji dan dekan/ketua sekolah tinggi/ketua jurusan/ketua program studi. Contoh lembar persetujuan dosen penguji dapat dilihat pada lampiran.

4.    Abstrak
Kata abstrak ditulis di bagian tengah halaman dengan huruf kapital, simetris di batas atas bidang pengetikan dan tanpa tanda titik. Nama penulis diketik dengan jarak 2 spasi dari kata abstrak, ditepi kiri dengan urutan : nama diakhiri titik, tahun lulus diakhiri dengan titik, judul dicetak miring dan diketik dengan huruf kecil (kecuali huruf-huruf pertama dari setiap kata) dan diakhiri dengan titik. Kemudian diiukuti kata skripsi diakhiri degan koma, diikuti oleh nama jurusan, nama fakultas, nama universitas/institute/sekolah tinggi, diakhiri dengan titik. Setelah itu dicantumkan nama dosen Pembimbing Utama dan Pembimbing Anggota (ada yang lengkap dengan gelar akademiknya dan ada yang tidak dicantumkan gelar akademiknya). Urut-urutan ini juga tidak baku, karena itu disarankan mengikuti pedoman yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan tinggi masing-masing.
Dalam abstrak dicantumkan kata kunci yang ditempatkan paling bawah  teks abstrak, namun ada juga di tempatkan pada bagian atas di bawah nama, judul, dan nama pembimbing. Jumlah kata kunci antara 3-5 buah. Kata kunci diperlukan untuk komputerisasi sistem informasi ilmiah. Dengan kata kunci dapat ditemukan dengan mudah judul-judul skripsi, tesis, dan disertasi berserta abstraknya.
    Teks abstrak disajikan secara padat intisari tulisan yang mencakupi latar belakang, masalah yang diteliti, metode yang digunakan, hasil yang diperoleh, dan simpulan (dan saran yang diajukan, bila ada). Teks abstrak diketik dengan jarak spasi tunggal, dengan panjang maksimal satu halaman kuarto (A4). Ada juga yang memperbolehkan panjang teks abstrak maksimal dua halaman kuarto, atau didasarkan pada jumlah kata maksimal 250 buah kata. Contoh format abstrak dapat dilihat pada lampiran.

5.    Prakata
Hal-hal yang dicantumkan dalam prakata antara lain ucapan terima kasih penulis yang ditujukan kepada orang-orang, lembaga, organisasi, dan pihak-pihak lain yang telah membantu dalam mempersiapkan , melaksanakan, dan menyelesaikan skripsi, tesis, dan disertasi.
Tulisan prakata diketik dengan huruf kapital, simetris di batas atas bidang pengetikan dan tanpa tanda titik. Teks prakata diketik dengan jarak dua spasi. Panjang teks tidak lebih dari dua halaman kertas ukuran kuarto (A4). Pada bagian akhir teks (pojok kanan bawah) dicantumkan kota, bulan, tahun, dan penulis (tanpa menyebutkan nama terang). Contoh prakata disajikan pada lampiran.

6.    Daftar Isi
Dalam halaman daftra isi dimuat judul bab, judul subbab, dan judul subbab yang disertai dengan nomor halaman tempat pemuatannya di dalam teks. Semua judul bab diketik dengan huruf kapital, judul subbab  dan subsubsubbab diketik dengan huruf kecil kecuali huruf-huruf pertama kata utama. Daftar isi seyogyanya menggambarkan garis besar organisasi keseluruhan isi, sebagaimanan yang dikemukakan pada Bab 2. Contoh daftar isi dapat dilihat pada lampiran.

7.    Daftar Tabel
Ada banyak cara dalam menuliskan daftar tabel. Secara umum, halaman daftar tabel memujat nomror tabel, judul tabel, dan nomor halaman pemuatannya di dalam teks untuk setiap tabel. Judul tabel harus sama dengan judul tang yang terdapat di dalam teks. Jarak antarbaris judul tabel diketik dengan spasi ganda, sedangkan judul tabel yang  memerlukan lebih dari satu baris, jarak antarbaris diketik dengan spasi tunggal. Contoh daftar tabel dapat dilihat pada lampiran.

8.    Daftar Gambar
    Sebagian perguruan tinggi menamai daftar gambar dengan daftar ilustrasi. Pada halaman daftar gambar (atau daftar ilustrasi) dicantumkan nomor gambar, judul gambar, dan nomor halaman tempat pemuatannya di dalam teks. Judul gambar harus sama dengan  judul gambar yang terdapat di dalam teks. Jarak antarbaris judul gambar diketik dengan spasi ganda, sedangkan judul gambar yang memerlukan lebih dari satu baris, jarak antarabaris diketik dengan spasi tunggal. Comtoh daftar gambar dapat dilihat pada lampiran.

9.    Daftar Lampiran
Secara umun, halaman daftar lampiran memuat nomor lampiran, judul lampiran, dan nomor halaman pemuatannya. Judul lampiran harus sama dengan judul lampiran yang terdapat di dalam teks. Jarak antarbaris judul lampiran yang memerlukan lebih dari satu baris, jarak antarabaris diketik dengan spasi tunggal. Contoh daftar lampiran dapat dilihat pada lampiran.

10.    Daftar Lain
Jika dalam skripsi, tesis, atau disertasi banyak digunakan tanda-tanda lain yang mempunyai makna esensial, misalnya singakatan atau lambang-lambang yang digunakan dalam matematika, ilmu eksakta, teknik, bahasa, dan sebagainya, perlu ada daftar khusus mengenai tanda-tanda, singkatan, atau lambang-lambang dimaksud. Contoh daftar khusus didajikan pada lampiran.

Lengkapnya Silakan Download pada BAB VII DISINI
0 Comments for "Cara Penyajian Teknik Penulisan Karya Ilmiah"

Back To Top