5 Hal yang Dinilai Dalam Mengajukan Proposal Penelitian

Setiap mahasiswa yang akan menyelesaikan tugas akhir, baik pada strata satu (S1) maupun di pascasarjana (S2), diwajibkan menyelesaikan satu tugas akademik, yaitu menulis karya ilmiah. Di S1 hasil karya ilmiahnya disebut skripsi, pada pascasarjana disebut tesis. Skripsi dan tesis tersebut diangkat dari hasil karya ilmiah dalam bentuk penelitian. Sebelum mahasiswa melakukan penelitian, diwajibkan mengajukan Usulan Penelitian atau Research Proposal/Project Statement.

Penenilitian ilmiah adalah upaya untuk menjelaskan fenomena nyata yang kita alami dengan menetapkan prinsip umum untuk menerangkannya. Sesuai dengan harapan, ilmu dapat memprediksi fenomena tersebut. Prinsip ilmu dinyatakan secara eksplisit dalam teori yang berangkat dari fakta empiris.
Dalam kaitan ini, Sutrino Hadi (1984) menunjukkan beberapa hal yang biasa dipakai untuk menilai rencana/usulan penelitian itu, antara lain:
  1. Latar belakang pengetahuan peneliti. Seberapa jauh peneliti mempunyai pengetahuan yang erat hubungannya dengan persoalan yang akan ditelitinya, artinya peneliti menguasai segala persoalan yang akan ditelitinya dan yang berada di luar wilayah penelitian.
  2. Persoalan tentang data. Seberapa jauh peneliti dapat menggambarkan jenis data yang diperlukannya, dari mana dan metode apa yang akan dipergunakan dalam pengumpulannya.
  3. Persoalan tentang cara pengambilan sampel. Peneliti harus dapat mengemukakan berapa luas “generalisasi” hasil penelitian itu, disertai dengan alasan mengapa diambil metode sampling yang dipergunakannya.
  4. Persoalan tentang maksud dan tujuan serta kegunaan penelitian. Peneliti harus dapat mengemukakan alasan-alasan secukupnya tenatang arti dan manfaat dari hasil penelitian itu, baik manfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan maupun untuk aspek guna lakasana.
  5. Persoalan tentang teknik analisis. Peneliti harus dapat mengemukakan dengan seksama prosedur dan teknik analisis terhadap data yang di kumpulkan
0 Comments for "5 Hal yang Dinilai Dalam Mengajukan Proposal Penelitian"

Back To Top