Pengantar dan Beberapa Pengertian Karya Ilmiah

A.    Pengantar
Dalam kehidupan kampus, pembuatan Skripsi, Tesis maupun Disertasi merupakan puncak dari syarat masing-masing jenjang strata pendidikan formal untuk membuat laporan penelitian.  Artinya mahasiswa pada akhirnya dituntut harus bisa membuat laporan ilmiah sebagai salah satu syarat dalam menempuh pendidikannya.
Dalam beberapa literatur mengatakan bahwa, menyusun karya ilmiah tidak jauh berbeda dengan menyusun karya yang lain, seperti karya jurnalistik atau laporan perjalanan. Perbedaannya adalah penyusunan karya ilmiah harus mengikuti metode ilmiah (scientific method) yang terdiri atas langkah-langkah ilmiah melalui garis pemikiran terkonseptual dan prosedural yang disepakati oleh para ilmuan, sedangkan karya jurnalistik tidak.

B.    Beberapa Pengertian
Karya ilmiah atau tulisan ilmiah adalah karya seorang ilmuan (yang merupakan hasil pengembangan) yang ingin mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang diperolehnya melalui kepustakaan, kumpulan pengalaman, penelitian, dan pengetahuan orang lain sebelumnya (Dwiloka dan Riana, 2005: 2).
Tulisan ilmiah secara luas sebagai suatu tulisan dalam bentuk artikel atau yang lain, misalnya skripsi yang didasarkan riset. Tulisan tersebut dipaparkan sesuai dengan kaidah-kaidah yang baku dan menggunakan metode ilmiah tertentu. Riset dapat  didasarkan pada data primer (langsung dari narasumber) dan data sekunder (data yang sudah ada atau data yang sudah terlebih dahulu dikumpulkan oleh orang lain dan selanjutnya dapat digunakan kapan saja jika diperlukan) (Sarwono, 2010: 1).
Artikel ilmiah adalah karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau kumpulan artikel yang ditulis dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati atau ditetapkan (Tanjung, 2010: 7).
0 Comments for "Pengantar dan Beberapa Pengertian Karya Ilmiah"

Back To Top